Perencanaan Geometrik Jalan

Perencanaan geometrik adalah merupakan bagian dari perencanaan jalan keseluruhan. Ditinjau secara keseluruhan perencanaan geometrik harus dapat menjamin keselamatan maupun kenyamanan dari pemakai jalan. Untuk dapat menghasilkan suatu rencana jalan yang baik dan mendekati keadaan yang sebenarnya diperlukan suatu data dasar yang baik pula.

Perencanaan geometrik jalan juga merupakan bagian dari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada perencanaan bentuk fisik sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu memberikan pelayanan yang optimal pada arus lalu-lintas. Jadi tujuan dari perencanaann geometrik jalan adalah menghasilkan infrastruktur yang aman dan efisien pelayanan arus lalu lintas serta memaksimalkan biaya pelaksananaan ruang, bentuk dan ukuran. Jalan dapat dikatakan baik apabila dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemakai jalan.

Secara geometrik, perencanaan jalan dibagi menjadi 2, yaitu perencanaan alinyemen horisontal dan alinyemen vertikal. Alinyemen horizontal atau trase suatu jalan adalah garis proyeksi sumbu jalan tegak lurus pada bidang peta, yang biasa disebut tikungan atau belokan. Sedangkan Alinyemen vertikal adalah garis potong yang dibentuk oleh bidang vertikal melalui sumbu jalan dengan bidang permukan pengerasan jalan, yang biasa disebut puncak tanjakan dan lembah turunan (jalan turun).

Tinjauan alinyemen horizontal secara keseluruhan

Ditinjau secara keseluruhan, penetapan alinyemen horizontal harus dapat menjamin keselamatan maupun kenyamanan bagi pemakai jalan. Untuk mencapai tujuan ini antara lain perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • ­ Sedapatnya mungkin menghindari broken back, artinya tikungan searah yang hanya dipisahkan oleh tangen yang pendek.
  • ­ Pada bagian yang relatif lurus dan panjang, jangan sampai terdapat tikungan yang tajam yang akan mengejutkan pengemudi.
  • ­ Kalau tidak sangat terpaksa jangan sampai menggunakan radius minimum, sebab jalan tersebut akan sulit mengikuti perkembangan-perkembangan mendatang.
  • ­ Dalam hal kita terpaksa menghadapi tikungan dengan lengkung majemuk harus diusahakan agar R1 > 1,5 R2.
  • ­ Pada tikungan berbentuk S maka panjang bagian tangen diantara kedua tikungan harus cukup untuk memberikan rounding pada ujung-ujung tepi perkerasan.

Menetapkan kecepatan rencana (design speed)

Untuk menetapkan alinyemen horizontal pada suatu rute, section ataupun segment dari suatu jalan, perlu diketahui terlebih dahulu ‘Topography” yang akan dilalui oleh trase jalan yang akan di design. Keadaan topograpi tersebut kemudian akan dijadikan dasar dalam menetapkan besarnya kecepatan rencana dari jalan yang akan direncanakan, setelah kelas jalan tersebut ditentukan.

Macam-macam kurva dalam alinyemen horizontal

Bentuk kurva dalam alinyemen horizontal terdiri atas :

  • Full Circle – FC (Lengkung Penuh) yaitu, Lengkung yang hanya terdiri dari bagian lengkung tanpa adanya peralihan. Yang dimaksud disini adalah hanya ada satu jari2 lingkaran pada lengkung tersebut. (lihat perbedaan dengan SCS)

  • Spiral-Circle-Spiral – SCS yaitu, Lengkung terdiri atas bagian lengkungan (Circle) dengan bagian peralihan (Spiral) untuk menghubungkan dengan bagian yang lurus FC. Dua bagian lengkung di kanan-kiri FC itulah yg disebut Spiral. (lihat perbedaan dengan FC).

  • Spiral-Spiral – SS yaitu, Lengkung yg hanya terdiri dari spiral-spiral saja tanpa adanya circle. Ini merupakan model SCS tanpa circle. Lengkung ini biasanya terdapat di tikungan dengan kecepatan sangat tinggi. (lihat perbedaan dengan SCS)

Tinjauan alinyemen vertikal secara keseluruhan

Ditinjau secara keseluruhan alinyemn vertikal harus dapat memberikan kenyamanan kepada pemakai jalan disamping bentuknya jangan sampai kaku. Untuk mencapai itu harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • ­ Sedapat mungkin menghindari broken back, grad line atinya jangan sampai kita mendesaign lengkung vertikal searah (cembung maupun cekung) yang hanya dipisahkan oleh tangen yang pendek.
  • ­ Menghindari hidden dip, artinya kalau kita mempunyai alinymen vertikal yang relatif datar dan lurus, jangan sampai didalamnnya terdapat lengkung-lengkung cekung yang pendek yang dari jauh kelihatannya tidak ada atau tersembunyi.
  • ­ Landai penurunan yang tajam dan panjang harus diikuti oleh pendakian agar secara otomatis kecepatan yang besar dari kendaraan dapat dikurangi.
  • ­ Kalau pada suatu potongan jalan kita menghadapi alinyemen vertikal dengan kelandaian yang tersususun dari prosentase kecil sampai besar, maka kelandaian yang paling curam harus ditaruh pada bagian permulaan landai, berturut-turut kemudian kelandaian yang lebih kecil. Sampai akhirnya yang paling kecil.

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan

Alinyemen vertical direncanakan dengan mempertimbangkan antara lain hal-hal sebagai berikut :

  • Kecepatan rencana

Kecepatan rencana yang diambil harus disesuaikan dengan ketetapan yang telah dipakai pada alinyemen horizontal. Dengan demikian klasifikasi medan yang telah ditetapkan untuk alinyemen horizontal berikut wilayah-wilayah kecepatan rencananya harus dijadikan pegangan untuk menghitung tikungan-tikungan pada alinyemen vertikal. Kalau hal ini tidak dijaga akan diperoleh ketidak seimbangan, misalnya disatu pihak kita mempunyai kecepatan rencana yang tinggi untuk alinyemen horizontal, sedangkan alinyemen vertikalnya hanya mempunyai kecepatan rencana yang lebih rendah atau sebaliknya. Ini berarti akan merugikan pemakai jalan atau bahkan bias membahayakan pemakai jalan.

  • Topography

Keadaan topography ini earat hubungannya dengan volume pekerjaan tanah. Untuk terrain yang berat sering kita terpaksa harus menggunakan angka-angka kelandaian maximum pada alinyemen vertikal agar volumem pekerjaan tanah dapat dikurangi. Pada perencanaan jalan baru kita harus agak berhati-hati dalam menetapkan alinyemen vertikal. Sebab sekali kita kurang bijaksana dalam menetapkan kelandaian jalan, perbaikannya akan menuntut biaya yang sangat besar. Disamping itu penetapan kelandaian harus sedemikian sehingga tinggi galian atau dalamnya timbunan masih dalam batas-batas kemampuan pelaksanaan.

  • Fungsi jalan

Dalam merencanakan jalan (terutama didaerah perkotan) sering kita hadapi bahwa rencana jalan kita akan crossing dengan existing road. Sebelum menetapkan bentuk tersebut kita harus mengetahui betul, apa sebetulnya fungsi jalan kita maupun fungsi jalan yang dicross oleh kita jalan tersebut. Sehingga dengan demikian dapat kita tentukan bentuk-bentuk crossing tersebut. Dari bentuk-bentuk crossing tersebut baru dapat kita tentukan alinyemen vertikalnya.

  • Tebal perkerasan yang diperhitungkan

Untuk design jalan baru, tebal perkerasan tidak mempengaruhi penarikan alinyemen vertikal. Tapi untuk design yang sifatnya betterment, tebal perkerasan akan memegang peranan penting. Dalam hal ini penarikan alinyemenvertikal harus sudah sedemikian sehingga kedudukannya terhadap permukaan jalan lama mendekati atau sesuai dengan yang telah diperhitungkan.

  • Tanah dasar

Kadang-kadang kita terpaksa membuat jalan diatas tanah dasar yang sering kena banjir. Disini kita harus hati-hati artinya jangan sampai alinyemen vertikal kita tidak cukup tinggi. Kedudukan alinyemen vertikal harus sedemikian sehingga : Permukaan air banjir tidak mencapai lapis-lapis perkerasan. Cukup tinggi sampai kita dapat memasang culvert yang betul-betul bisa berfungsi.

Macam-macam contoh bentuk dalam alinyemen vertikal


**berlanjut untuk rumus dan perhitungan

Perencanaan geometrik jalan juga merupakan bagian dari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada perencanaan bentuk fisik sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu memberikan pelayanan yang optimal pada arus lalu-lintas. Jadi tujuan dari perencanaann geometrik jalan adalah menghasilkan infrastruktur yang aman dan efisien pelayanan arus lalu lintas serta memaksimalkan biaya pelaksananaan ruang, bentuk dan ukuran. Jalan dapat dikatakan baik apabila dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemakai jalan.
  1. Ada beberapa (bahkan banyak) ruas jalan di kota-kota besar yang rasanya dibuat tidak sesuai dengan aturan geometrik ini. :( Hasilnya, ketika hujan, entah bagaimana air malah menggenang di tengah jalan. Lubang di trotoar yang terhubung ke got jadi ga berfungsi, karena air limpasan tergenang di tengah. :|

    • betul..geomaetrik d dalam kota terkadang memang ‘memaksakan’ dari segi ketersediaan tempat yg tidak mendukung..
      memang banyak pelaksana proyek yg kurang memperhatikan aturan kemiringan melintang jalan.
      ini yg menyebabkan tergenangnya air yg semestinya harus langsung mengalir ke saluran drainase..

    • Morris
    • August 11th, 2010

    Hal lain yang mestinya juga terpenuhi adalah tata air yang baik. cross drain yang diperhitungkan sesuai dengan kondisi hidrologi trace ybs. Jangan pasang drainase yang kekecilan padahal debitnya besar. Juga rekayasa pada ruas² jl di wil datar yang sering kali susah buang airnya. Seharusnya wilayah tsb, drainase nya bukan lagi bersatu dengan proyek pembangunan jalan, biarpun memang harus integrated ! Drainase di negeri ini seringkali hanya jadi aftertought. Begitu kerasa baru deh kepikiran.

  2. yup betul sekali..
    klo di daerah perkotaan permasalahan utama memang terletak pada drainase yang tidak menjadi satu kesatuan. kesalahan perencanaan debit yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya tidak segera ditangani, malah menunggu datangnya banjir yang lebih besar lagi.

    apalagi dengan tambahan bangunan2 baru seperti mall dan apartemen yang otomatis akan menambah beban drainase utama..

    • eva
    • September 16th, 2010

    ditunggu dong janjinya mau menyertakan rumus, perhitungan dan posisi pada gambar. makasih

  3. postinganya sangat menarik……
    tapi msh ada yang kurang jelas tentang gambar2 alinyemen vertikal….
    mohon penjelasanya..
    thnk you…….

    • postinganya sangat menarik……
      tapi msh ada yang kurang jelas tentang gambar2 alinyemen vertikal….
      mohon penjelasanya..
      thnk you…….

      • untuk vertikal memang belum diterangkan sedikit detail..
        ini hanya sekilas saja..yg paling lengkap mgkn ada di buku teks saja..
        klo di detailakan disini nanti bukunya tdk ada yg baca..hehe
        terima kasih..

        ref buku : Perencanaan Geometrik Jalan (Ofyar Z Tamin)

    • takya ryes
    • February 14th, 2011

    sy sering melihat penapalan jalan.. bnyak yg cepat rusak..kadang 2bulan uda rusak..it pengaruh apa???selain genangan air…

    • banyak sekali faktor2 kerusakan jalan
      betul bukan hanya genangan, tp juga bisa kesalahan dari tahap perencanaan dan pelaksanaan atau pada tahap pengoperasian.

      misal pada tahap perencanaan, kesalahan fatal pertama bisa terjadi pada identifikasi desain kriteria yang tidak cocok pada kondisi rill dilapangan. kedua, bisa terjadi pada tahapan survey lalu lintas harian rata-rata. jika survey ini tidak mendekati keadaan rill maka desain yg direncanakan juga jauh dari yang diharapkan.

      jika pada tahap pelaksanaan, kesalahan bisa terjadi pada metode yang digunakan. selain itu kesalahan pada pengawasan juga sangat mempengaruhi kualitas dari hasil pekerjaan yg dilakukan.

      pada tahap pengoperasian, salah satu hal yang sering terjadi adalah ketidaksesuaian pengguna jalan dengan kodisi perencanaan jalan itu sendiri. adanya kendaraan yang melebihi ketentuan beban berat sumbu rencana (beban yang lewat lebih besar dari beban rencana) meerupakan salah satu faktor besar yg turut mempengaruhi umur rencana jalan tersebut.

    • takya ryes
    • February 14th, 2011

    kakak punya buku masalah perkerasan jalan tidak???

    • buku perkerasan yg mana ya? :D
      banyak d perpus :p

    • bayu eko
    • March 20th, 2013

    perbedaan full circle, spiral circle spiral, dan Spriral – spiral pa ??

  4. yang tahu Job Discriptionnya SE di Konsultan TOLONG dong di bantu emailkan ke d_e99688@yahoo.com plise Help me

  1. August 7th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: