Bandar dan Pelabuhan

Dalam Bahasa Indonesia dikenal dua istilah yang berhubungan dengan arti pelabuhan yaitu bandar dan pelabuhan. Kedua istilah tersebut sering teercampur adukkan sehingga memiliki arti yang sama. Sebenarnya arti dari dua istilah tersebut berlainan.

Bandar (harbour) adalah daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut untuk berlabuhnya kapal-kapal. Bandar ini merupakan daerah perairan dengan bangunan-bangunan yang diperlukan untuk pembentuknya, perlindungan dan perawatan, seperti pemecah gelombang, jetty dan sebagainya, dan hanya merupakan tempat bersinggahnya kapal untuk berlindung, mengisi bahan bakar, reparasi dan sebagainya tanpa terkait dengan barang-barang niaga.

Pelabuhan (port) adalah daerah perairan yang terlindung dari gelombang, yang dilengkapi dengan fasilitas terminal laut melipiti dermaga dimana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang, kran-kran untuk bongkar muat, gudang laut (transito) dan tempat-tempat penyimpanan barang bongkar muat dan gudang-gudang untuk penyimpanan barang dalam waktu yang lama. Terminal bisa dilengkapi dengan jalan kereta api, jalan raya atau jalur transportasi darat.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pelabuhan merupakan bandar yang dilengkapi dengan bangunan-bangunan untuk pelayanan muatan dan penumpang. Jadi suatu pelabuhan juga merupakan suatu bandar, tetapi suatu bandar belum tentu suatu pelabuhan.

(dari bebagai sumber)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: