Perencanaan Tata Letak Pelabuhan

Pembangunan pelabuhan didasarkan pada pertimbangan ekonomi, politik dan teknis. Ketiga dasar pertimbangan tersebut saling berkaitan tetapi biasanya yang paling menentukan adalah pertimbangan ekonomi.

Kebutuhan akan pelabuhan timbul untuk memenuhi beberapa hal berikut ini :
a.    Pembangunan yang didasarkan pada pertimbangan politik dan keamanan
b.    Pembangunan pelabuhan diperlukan untuk melayani/meningkatkan kegiatan ekonomi
c.    Untuk mendukung kelancaran produksi suatu perusahaan/pabrik

Beberapa penyelidikan yang diperlukan sebelum membangun suatu pelabuhan adalah survei hidrografi dan topografi, penyelidikan tanah di rencana lokasi pemecah gelombang, dermaga dan bangunan-bangunan lainnya; angin, arus, pasang-surut dan gelombang.

Pemilihan Lokasi Pelabuhan
Pemiliah lokasi pelabuhan meliputi daerah pantai dan daratan. Pemilihan lokasi tergantung beberapa faktor seperti kondisi tanah dan geologi, kedalaman dan luas perairan, perlindungan pelabuhan terhadap gelombang, arus dan sedimentasi, daratan yang cukup luas untuk menampung barang yang akan di bongkar-muat, jalan-jalan untuk transportasi dan daerah industri di belakangnya.
Daerah perairan ini harus terlindung dari gelombang, arus dan sedimen. Untuk itu beberapa pelabuhan diletakkan di daerah terlindung seperti belakang pilau, di teluk, muara sungai/estuari. Daerah ini terlindung dari gelombang tapi tidak terhadap arus dan sedimentasi.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi pelabuhan adalah sebagai berikut :
1.    biaya pembangunan dan perawatan bangunan-bangunan pelabuhan, termasuk pengerukan pertama yang harus dilakukan
2.    Biaya operasi dan pemeliharaan, terutama pengerukan endapan di alur dan kolam pelabuhan.

Pemilihan lokasi dapat ditinjau berdasarkan hal2 berikut :
1. Tinjauan topografi dan geologi
2. Tinjauan pelayaran
3. Tinjauan sedimentasi
4. Tinjauan gelombang dan arus
5. Tinjauan kedalaman air

  1. Saya jadi pengen mainin Sim City 4 lagi nih….😀

    • kedengarannya menyenangkan..saya blm pernah mencoba SC4😀
      apa ada hubungannya sama pelabuhan ya?

    • Ekhal
    • November 16th, 2010

    mau tanya kira2 proyek pelabuhan biasanya cara penyelidikan tanahnya gmana???bisa tampilkan contohnya di blogmu yang lengkap???

    • klo di pelabuhan khususnya di tengah2 laut misalnya, saya kurang tau, mungkin sama aja kyk di daratan hanya saja metodenya yg berbeda.
      Klo di pinggir/tepi pantainya ya sama kyk penyelidikan tanah biasa seperti di daratan..pake CPT atau SPT..
      klo lengkap pake text book aja lebih lengkap, klo ditulis disini semua nanti gak enak sama yg punya buku🙂

    • cinta
    • November 10th, 2012

    punya artikel lengkap tidak studi kelayakan pelabuahn..nanti aku ganti biaya emailnya..gimana..

    • wahh luas banget tuh cakupannya klo studi kelayakan dan kebetulan saya juga belum pernah buat studi kelayakan untuk pelabuhan..maaf nih blm bisa bantu🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: